Tuesday, August 25, 2015

Review Handphone Smartphone Lenovo P70A

Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti Smartphone Saya. Alasan saya menggantinya dikarenakan Hadphone saya tidak mampu lagi menampung beban kerja aplikasi yang makin lama makin besar kapasitas serta kemampuannya. Oh iya Smartphone saya yang lama adalah Mito A95. Sebenarnya Mito A95 adalah Smartphone yang cukup bagus menurut saya. Selain awet, RAMnya yang cukup besar 1 Giga, Internal memorinya juga cukup besar sekitar 1 Giga pula.

Pada dasarnya Internal memori 1 Giga sudah cukup besar, namun seiiring dengan berkembangnya kemampuan aplikasi android, ternyata ukuran aplikasinyapun makin membesar. Aplikasi android yang paling menjengkelkan membuat Smartphone saya tidak dapat dipakai adalah semua Produk Google, terlebih Google PlayStore yang tiap kali update ukurannya makin membesar menghabiskan memori. Dan lagi semua produk android Google mulai dari Gmail, Hangout dan G+ pun tidak akan berjalan jika Playstore tidak diupdate!!!!, secara tidak mungkin saya meng-uninstall aplikasi lain karena aplikasi lainnya juga sangat penting (BBM dan Whatssapp yang kontaknya sudah lumayan bejibun), dan internal memorinya mengindikasikan bahwa memori penuh atau low memory insufficient storage. :( Kalau sudah begini tidak ada cara lain selain mengganti Smartphone.

Oh iya bahkan dengan cara memindahkan aplikasi defaultnya ke arah SD-CARD dengan cara rootpun pada kenyataannya tetep saja saya masih kurang space, terlebih aplikasi browser saya selalu menghasilkan cache yang cukup besar yang menguras memori.

Sore itu saya beserta dengan istri dan anak, saya menyempatkan diri mendatangi galleri Smartphone, banyak ragam yang ditawarkan kesaya mulai dari harganya yang 1 Juta sampai yang 6 Juta rupiah. Saya mengecek semua Smartphone yang ditawarkan dari mulai yang merk China sampai Korea. Bersama dengan istri saya, saya meminta pendapatnya mengenai smartphone yang akan saya beli, sepertinya istri saya tidak banyak memberikan saran karena dia blank akan teknologi Smartphone, namun dia menyarankan belilah yang sesuai dengan kebutuhan.

Hmmmm saran yang cukup bagus, Smartphone yang sesuai dengan kebutuhan saya adalah :
  1. Smartphone yang mempunyai Internal Memori (memori penyimpanan) yang cukup besar (karena inilah alasan utama saya membeli smartphone baru).
  2. Karena pekerjaan saya membutuhkan dukungan aplikasi alert, maka handphone ini seharusnya mampu menampung banyak aplikasi yang dapat berjalan secara simultan (bersamaan), sehingga RAM yang dimiliki seharusnya lebih besar dari sebelumnya. 
  3. Aplikasi yang berjalan secara simultan tentunya saja akan menguras banyak sekali tenaga baterai, sehingga kapasitas penampungan bateraipun harus besar.
  4. Harga terjangkau.. he he, tentu saja ini adalah pilihan yang tidak boleh dikesampingkan, disesuaikan budjet agar bini gak sewooot :)
Dari ke-empat parameter tersebut akhirnya pilihan saya jatuh pada Smartphone Lenovo P70A. Lenovo adalah Smartphone yang tergolong tangguh dalam hal batere, apalagi pilihan saya kepada Lenovo P70A bukanlah tanpa sebab karena Tipe P70A ini mengusung 4000mAh, sehingga ini lebih dari cukup untuk saya.


Selain itu dukungan RAM lumayan besar daripada Smartphone saya terdahalu, tipe P70A adalah 2 Giga, terlebih lagi Internal memorinya sangat besar lebih sekitar 16Giga. Oh iya kelebihan fitur lainnya adalah Smartphone ini sudah Dual SIMcard dan kamera depan dan belakangnyapun lumayan besar jadi bisa narsis deh :)

Akhirnya deal,,, gue beli!!! bungkus......

Namun ketika sampai rumah betapa kagetnya saya, ternyata KARTU SIM saya tidak dapat dipakai untuk Smartphone jenis ini :(, ternyata Smartphone Lenovo P70A ini memakai mini SIMCard, dengan kata lain mau tidak mau kartu saya harus saya konversi atau dipotomg agar muat kedalam handphone ini. Dengan gaya sok tahu dan melihat video tutorial dari youtube saya memotong kartu saya sendiri, dah hasilnya...... gagal .... :( , untung saja bukan kartu utama, melainkan kartu cadangan, dan untuk kedua kalinya saya mencoba lagi dan gagal juga :( tapi alhamdulillah masih bisa dipakai dengan menggeser-geser sim cardnya pada slotnya.... dan esok harinya saya ke Galleri Telkomsel untuk mengganti kartu saya dan dalam waktu setengah jam ehhh jadi deh mini SIMCardnya... ha ha.
Mini SimCard Telkomsel (tengah)

Welll ini sedikit review saya tentang Smartphone Lenovo P70A, semua aplikasi berjalan dengan sangat lancar, termasuk untuk mengunduh dan bermain game dan saya cukup puas dengar performanya karena baterenya tahan lama (walaupun baterenya TIDAK BOLEH DILEPAS, kalau dilepas akan rusak), serta handphone ini dapat difungsikan sebagai powerbank untuk mencharger handphone lain.

Baca selengkapnya di BLOG KANGARTHA

No comments:

Post a Comment

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers