Saturday, September 19, 2015

Microsoft Office Formatnya Ngaco ?

Hari ini saya menerima sebuah hasil review dari para reviewer atas submit publikasi saya yang saya kirimkan 6 bulan yang lalu. Huffft, ternyata diterimanya submit publikasi sebagai Jurnal Internasional tidak semudah yang saya bayangkan harus bolak balik revisi mulai dari bahasa inggris sampai dengan road map tulisan saya juga musti harus bener 100% hadeeh, ..... Tapi ngga apa-apalah yang penting sudah usaha semoga dengan revisi berulang-ulang Submit publikasi saya semoga diterima :).

Oh iya beberapa kali ketika saya menerima revisi dari sebuah publikasi jurnal yang kami buat, terkadang saya musti mengotak-atik kembali susunan kalimatnya. Entah kenapa tiap kali saya mengirimkan dokumen dalam bentuk extensi word doc via email dan ke partner saya agar dia mengeditnya untuk kemudian dikirimkan kembali, formatnya berubah total, rusak.... ada beberapa kata yang seharusnya terpisah menjadi nyambung dan alignnya juga ada beberapa yang berubah. Microsoft Office formatnya agak ngaco nih...


Saya memakai Office 2007 yang saya beli 4 tahun lalu yang kemudian saya install di Laptop saya. Saya terpaksa membelinya dikarenakan software saya yang lama tidak mendukung file ekstensi word docx . nah pada awal awal dulu segalanya berjalan dengan lancar semua file doc yang dikirimkan kesaya dapat saya buka dengan baik bahkan untuk file-file doc dibawah versi 2007 bisa dibuka, namun akhir-akhir ini saya mengalami hal yang aneh. Beberapa kali saya menerima email berekstensi doc bisa saya buka namun isinya hancurrrr. Filenya sama docx, namun ketika saya menerimanya formatnya berubah? kalau begini bisa 2 kerja deh...

Usut punya usut ternyata ada beberapa orang  menggunakan office versi terbaru yang lebih keren dan versinya diatas office 2007 yang saya punya. Office 2010 bahkan 2013 kadang formatnya tidak karuan dibuka di office saya yang sudah jadul he he.

Jengkel juga jika saya musti pinjam laptop lain hanya untuk sekedar ngedit, dan sepertinya saya belum begitu mau move-on ke Office versi terbaru. Saya hanya berharap agar Microsoft mau menambahkan add on ke Office yang dulu seperti punya saya agar dapat membula membuka atau mengedit office generasi baru.

Dan ternyata setelah browsing-browsing memang ada add-on yang digunakan untuk memperbaiki bug pada versi office 2007 tanpa harus membeli versi yang terbaru. Microsoft ternyata masih memberikan dukungan kepada Microsoft versi lama agar support dengan generasi terbaru Microsoft Office.

Sepertinya ada file update tambahan yang mampu mengkonversi file antara Microsoft Office 2007 dengan Microsoft Office setelahnya.

Bagi yang mengalami masalah seperti saya silahkan dapat mengunduhnya disini Microsoft Office Compatibility Pack for Word, Excel, and PowerPoint File Formats. Filenya hanya 37 mega saja kalau nggak salah dan setelah saya mengunduh dan menginstallnya, semua file doc yang semua kacau ketika saya buka, sekarang sudah kembali normal. :)

PS : Saya jarang sekali update Office, sehingga tidak tahu jika anda Sync antara Office lama dengan yang baru, saya memang mematikan updatennya dengan alasan update otomatis nyedot Kuota Internet lumayan banyak :)

1 comment:

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers